Bingung memilih Pemanas air tenaga Surya yang terbaik? Pilihan Tepat Merk : TERRANOVA, Kenapa ?

Sebelum memutuskan membeli Pemanas air tanpa Listrik atau yang disebut solar water heater, hal penting yang pertama anda harus ketahui adalah bahan baku atau material yang digunakan untuk menampung air dalam tangki.  Hampir semua merk pemanas air tenaga matahari yang dijual di Indonesia, untuk fungsi penyerapan panasnya semua unggul dan mampu menyediakan air panas yang berlimpah, baik itu merk yang murah sampai seri termahal sekalipun.  Yang menjadi Pertanyaan adalah, berapa lama umur  solar water heater ini ?  Faktor air baku, dan kondisi lingkungan, misal daerah yang lembab atau daerah pinggir pantai, sangat mempengaruhi umur dari pemanas air. Jadi saran dari kamarmandiku.com untuk konsumen yang ingin membeli solar water heater, hal terpenting jangan langsung tertarik dengan harga yang murah, tetapi sebaiknya langsung menanyakan dan melihat spesifikasi unit solar water heaternya. Artikel dibawah ini kami tuliskan untuk membantu anda memahami jenis material solar water heater.

terranova-solar-water-heater-pemanas-airku-tenaga-surya--kamar-mandiku-2stainless-steel-terranova-energy-saving-go-green-eco

PERBEDAAN JENIS-JENIS Tangki STAINLESS STEEL Pada Pemanas air Tenaga Matahari :

Austenitic
Austenitic tersusun dari beberapa bahan, yaitu 16% kromium, 7% nikel, dan nitrogen. Sifat SS austenitic yaitu: memiliki kekuatan dan ketahanan pada suhu (baik suhu tinggi maupun suhu rendah), serta memiliki ketahanan terhadap korosi lebih baik daripada jenis ferritik dan martensitik. Tipe seri SS yang masuk dalam kategori austenitic, yaitu seri SS 300 dan seri SS 200. Perbedaan seri ini dipengaruhi oleh perbedaan komposisi metalurginya, yang akhirnya karakteristiknya pun ikut berbeda pula. Seri SS 300 lebih tahan karat jika dibandingkan seri SS 200. Namun, seri SS 200 memiliki harga yang lebih murah saat dibandingkan dengan tipe SS 300.

Ferritic
Jenis SS ferritic terbuat dari komposisi kromium (10,5%-29%), molibdenum, aluminium, titanium, dan sedikit nikel. Ketahanan akan kororsi jenis ini memang tidak sehebat austenitic. Akan tetapi, masih lebih baik daripada martensitic. Keunggulan SS ferritic yaitu harganya yang relatif murah. Beberapa tipe seri SS 400 masuk ke dalam kategori ferritic, seperti: seri 405, 409, 430, 434, 439, 444, dan 446.

Martensitic
Martensitic mengandung 10,5%-18% kromium, 2% nikel, dan karbon dengan jumlah yang besar. Kandungan lain dari martensitic yaitu: molibdenum, niobium, silicon, tungsten, vanadium, dan lain-lain. SS tipe ini masih memiliki kekurangan terhadap kemampuan mencegah korosi, terlebih jika dibandingkan dua tipe di atas. Namun, kekuatan dan kekerasan stainless ini bisa diacungi jempol. Itulah sebabnya SS jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan pisau, peralatan grinding, dan lainnya. Sebagian tipe seri SS 400 masuk dalam kategori martensitic, contohnya saja: tipe seri 403, 410, 414, 416, 420, 431, dan 440.

Duplex
Nah, kalau jenis ini merupakan hasil ‘pernikahan’ antara jenis autenitic dan ferritic. Oleh sebab itu, karakteristiknya pun hampir serupa dengan autenitic dan ferritic. Kemampuan duplex dalam mencegah korosi hampir serupa dengan autenitic. Sementara kekokohan SS berada di antara autenitic dan ferritic. Meski demikian, SS ini memiliki ketahanan korosi retak tegang (stress corrosion cracking) lebih baik daripada seri autenitic. Jenis ini biasa digunakan untuk pembuatan komponen kapal, industri petrokimia, dan industri kertas.
Precipitation Hardening
SS ini merupakan kombinasi optimal dari SS austenitic dan martensitic. Itulah sebabnya SS ini memiliki sifat yang unik dibandingkan jenis lainnya. Karakter percipitation hardening memiliki kekuatan yang tinggi, dan lebih tahan terhadap korosi (diambil dari sifat austenitic). Tipe seri yang termasuk dalam kategori ini, yaitu AISI 17-4 PH yang biasa disebut dengan AISI 630.

Tipe Seri Tangki Stainless Steel pada Solar water heater : 

SS 304
Stainless steel yang masuk dalam kategori food grade merupakan stainless steel dengan komposisi 18/8 atau 18/10. Arti kode ini menunjukkan komposisi kandugan kromium dan nikel. Kandungan kromium berfungsi untuk mengikat oksigen di permukaan SS dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang dapat menimbulkan karat.
Sementara nikel membuat SS memiliki sifat yang lebih tahan karat lagi. Semakin besar kandungan nikel semakin besar pula kemampuan bahan untuk mencegah korosi. Selain itu, kandungan nikel membuat SS lebih kokoh. Dan, kabar baiknya, ini ada di tipe 304.Seri 304 memiliki komposisi 18/8, yang artinya: kandungan kromium sebesar 18% sedangkan kandungan nikel sebesar 8%. Komposisi ini membuat Kandungan nikel membuat SS lebih kokoh dan 304 lebih tahan terhadap korosi dan aman bersentuhan langsung dengan makanan/minuman. SS 304 banyak digunakan untuk industri kuliner, hotel, rumah sakit, atau tempat makan khusus bayi.

SS 316
Sama seperti 304 yang termasuk dalam ‘keluarga’ tipe seri 300, 316 pun demikian. Bahkan secara tampilan dan sifat kedua tipe ini pun hampir serupa. Kedua tipe ini sama-sama non-magnetik, tahan karat, dan lebih tahan pada suhu tinggi. Nah, kalau demikian, di mana letak perbedaannya? Perbedaan kedua seri ini ada pada komposisi logam penyusunnya. Seri 316 memiliki kandungan kromium sebesar 16% (kandungan kromium seri 304 berjumlah 18%), serta kandungan nikel sebanyak 10% (kandungan nikel seri 304 sebesar 8%). Selain itu, seri 316 memiliki kandungan molibdenum (Mo), yang membuat seri ini lebih tahan terhadap korosi pitting.

Untuk Anda ketahui, korosi pitting merupakan korosi lokal yang mengakibatkan lubang-lubang kecil pada permukaan stainless steel Anda. Meski demikian, stainless steel ini sangat jarang digunakan untuk peralatan makan/minum/masak. Alasannya: karena harganya yang jauh lebih mahal daripada seri 304.Seri 316 lebih banyak digunakan untuk komponen mesin, keran, pompa, dan peralatan industri lainnya. Seri 316 pun banyak digunakan untuk peralatan yang diletakkan di lepas pantai, yang kerap bersentuhan langsung dengan air laut.

SS 430
Tipe ini merupakan bagian dari seri 400 yang mengandung magnet dan seringkali disebut dengan monel. Seri ini memiliki komposisi 18/0 yang artinya: memiliki kandungan kromium sebesar 18% dan kandungan nikel sebesar 0,75% (atau hampir terabaikan). Itulah sebabnya kandungan nikel membuat SS lebih kokoh dan bercaya tipe ini tidak tahan terhadap korosi.

SS 201 (Stainless steel Grade terendah)
Seri 201 merupakan bagian dari stainless steel grade 200. Harga SS 201 relatif lebih murah dibandingkan seri lainnya. Namun, kemampuan SS 201 terhadap korosi masih terbilang kurang jika dibandingkan seri 304.

DAN JANGAN LUPA SS 201 AKAN TERLIHAT LEBIH MENGKILAP, hati- hati dalam memilih bahan Stainless steel.

Untuk Informasi lebih lanjut dan hal teknis serta pemesanan produk untuk rumah tangga dan Proyek Komersial seperti Hotel, Rumah sakit, Pabrik dll, silahkan menghubungi layanan pelanggan kami di Telp. 021 22860580-81 atau email: info@kamarmandiku.com, Whatsapp : 08111185538

terranova10-ss--solar-water-heater-pemanas-airku-tenaga-surya--kamar-mandiku
TERRANOVA SOLAR Water Heater  dengan Bahan SUS 304

Keunggulan Terranova Solar

  1. Sangat efektif dan efisien dalam meyerap kadar yang dihasilkan oleh matahari

Teknologi pemanas air tenaga surya Tabung Vacuum sangat efektif dan efisien dalam menyerap Sinar UV, infra merah dan radiasi yang dihasilkan dari matahari dikarenakan teknologi serta permukaannya yang melingkar atau bulat sehingga posisi pada saat matahari terbit sampai terbenam akan selalu berada tegak lurus dengan tabung vacuum collectornya.

 

  1. Heat loss rendah dan menyimpan air panas dengan maksimal

tabung vacuum Terranova solar dapat meminimalisir pembuangan panas (heat loss) hingga dibawah <1% ketika suhu malam hari yang dingin ataupun suhu dingin ketika hujan.

 

  1. Menggunakan Energi Terbarukan
    Terranova solar Teknologi Tabung Vacuum sangat mendukung penggunaan maksimal energy terbarukan dari tenaga matahari sehingga bermanfaat dalam upaya penghematan bahan bakar atau energy yang selama ini banyak dipakai pada umumnya seperti energy listrik ataupun bahan bakar fossil dan lain-lainnya.
  2. Back up heater element
    Terranova solar dilengkapi element pemanas listrik cadangan, yang berfungsi sebagai pemanas cadangan jikalau kondisi cuaca hujan atau dingin berkepanjangan. Sehingga air panas akan selalu tersedia.
  3. Material Tangki terbuat dari bahan Bebas Karat
    Terranova Solar (tangki lapisan bagian dalam), menggunakan Stainless Steel SUS 304 pada seluruh tangki bagian dalam Terranova solar.
  4. Garansi produk
    Garansi 5 tahun untuk Tangki Penyimpanan Terranova Solar dan Tabung Vacuum serta Garansi 1 tahun untuk Back up heater element.
  5. Standar Internasional 
    Produk Terranova Solar sudah berstandart International
  6. Bracket multifungsi

Terranova solar memiliki rangka multifungsi yang memudahkan pemasangan rangka menyesuaikan keadaan rumah konsumen, rangka atap dan rangka dudukan duct (atau atap beton rata.

 

TEKNOLOGI TERRANOVA SOLAR

TERRANOVA Tabung Vacuum Sistem Pemanasan INDIRECT

terranova pemanas air kamar mandiku blog direct indiret sistem

 

TERRANOVA SOLAR Tabung Vacuum Sistem Pemanasan INDIRECT dilengkapi dengan heat exchanger ( pemindah panas ). Air panas yang ada di dalam tangki hanya digunakan sebagai media untuk memanaskan heat exchanger. Dengan sistem ini, temperatur air panas lebih stabil dan konstan serta aliran air lebih deras karena dioperasikan dengan tekanan air ( pressure ).

terranova pemanas air kamar mandiku blog direct indiret sistem2
Sistem kerja solar water heater Terranova

terranova pemanas air kamar mandiku blog kapasitas tangki dimensi ukuran solar heater

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s