Cara Pemasangan Water Heater yang Benar

google-play-logo-kamarmandiku blog
Download Aplikasi Kamarmandiku.com di PlayStore

Tips & Trik untuk anda : Cara yang benar dalam memasang Water Heater elektrik  atau pemanas air listrik .  Sebenarnya, untuk pemasangan alat ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus memakai jasa tukang. Dengan begitu kita dapat lebih menghemat biaya pengeluaran untuk membayar jasa tukang yang akan  memasang water heater listrik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang water heater atau pemanas air listrik sbb :

  • Sebelum memasang pemanas air, Anda perlu menyiapkan instalasi pipa untuk jalur air panas ( menggunakan pipa PE atau PPR warna merah, orange atau hijau dengan strip merah  )  dan jalur air dingin  ( menggunakan pipa PVC, PE atau PPR berwarna orange, Hijau strip biru atau pipa berwarna abu-abu ) yang masuk ke dalam water heater. Pipa yang digunakan untuk saluran air panas pada pemanas air tentunya harus pipa khusus yang tahan terhadap panas tinggi seperti pipa dengan material  polypropylene, serta material non-korosif yang tahan terhadap berbagai cairan kimia dan bebas dari sedimentasi (pengikisan).
  • Kran mixer  atau yang biasa kita kenal dengan kran panas dingin yang memiliki 2 saluran yaitu saluran air panas dan saluran air dingin yang nantinya akan digunakan untuk menyalurkan air dari water heater. Untuk Merk keran shower gunakan produk yang berkualitas dan bergaransi, karena keran yang murah dengan bahan bermutu rendah rentan mengalami kebocoran, patah atau bahkan tidak berfungsi. Di kamarmandiku.com tersedia berbagai merk ternama dan berkualitas erta bergaransi mulai dari 2- 10 tahun seperti merk Toto, american Standard, Grohe, teka, Hansgrohe serta Roca. Anda dapat memilih merk sesuai keinginan anda.
  • Water heater listrik lebih baik dipasang minimal 1.5m dari lantai agar memudahkan Anda dalam pemasangan dan pengaturan pada water heater serta agar terhindar dari cipratan air saat kita sedang mandi., atau jika memungkinkan water heater juga bisa dipasang diatas plafon atau dinding luar dari kamar mandi.
  • Pasang saluran air panas water heater ke pipa air panas dengan menggunakan fleksibel yang lentur dan tahan panas. Begitu juga dengan pemasangan pipa saluran air dingin. Untuk lebih jelasnya lihat skema pemasangan water heater yang benar berikut ini :
  • kamar-mandiku-cara-pemasangan-water-heater-pemanas-air-yang-benar
    Contoh cara pemasangan water heater yang benar

    Hal lain yang perlu anda Perhatikan dari skema pemasangan water heater listrik diatas :

    1. Untuk jarak antara pipa air panas dan air dingin adalah 15 cm.
    2. Safety valve di pasang pada pipa masuk air dingin pada water heater listrik yang berfungsi mencegah air panas berbalik ke sumber air dingin dan berfungsi juga menahan tekanan air di dalam tangki.
    3. Untuk mencegah kerusakan pada elemen panas, sambungkan  saluran listrik water heater ke stop kontak/ saklar saat tabung water heater sudah terisi penuh dengan air.
    4. Seting termostat pada water heater di posisi high/ atau sesuai dengan suhu yang dikendaki.
    5. Pastikan ELCB dalam keadaan menyala dengan menekan tombol reset lalu tekan tombol berwarna merah sampe lampu indikator ELCB nya menyala.

    Untuk pemasangan pemanas air gas pada umumnya  caranya juga akan sama, yang perlu Anda diperhatikan yaitu untuk penempatan tabung gas yang akan digunakan untuk water heater gas harus berada diluar ruangan (udara terbuka) agar apabila terdapat kebocoran tidak berbahaya untuk Anda, semoga tips dan trik cara pemasangan  water heater listrik dapat memberikan informasi serta membantu Anda memasang pemanas air yang aman bagi keluarga anda. Selamat mencoba.

    Konsultasikan kebutuhan pemanas air anda, temukan produk  berkualitas dan bergaransi klik http://www.kamarmandiku.com.

Iklan